Wednesday, 4 August 2021
Share To:
feature-top

Orang seringkali melakukan tindakan karena respon terhadap situasi atau masalah yang sudah terjadi bukan sebagai antisipasi atau prediksi terhadap  suatu malapetaka yang akan terjadi. Permasalah seperti situasi kelaparan hebat pasti terjadi. Itu terjadi di zaman Abraham, Ishak, di jaman yusuf dan lain-lain Tuhan ijinkan agar rencananya digenapi.

Di dalam zaman Yusuf ada kejadian dimana Yusuf memprediksi masa depan dengan mengartikan mimpi Firaun. Dalam kitab dinyatakan:

Kejadian 41:30-31 (TB) Kemudian akan timbul tujuh tahun kelaparan; maka akan dilupakan segala kelimpahan itu di tanah Mesir, karena kelaparan itu menguruskeringkan negeri ini.

Sesudah itu akan tidak kelihatan lagi bekas-bekas kelimpahan di negeri ini karena kelaparan itu, sebab sangat hebatnya kelaparan ini

Kisah di atas adalah kisah di jaman yusuf kerika tinggal di Mesir untuk menafsirkan mimpi Firaun tentang kelaparan yang akan dialami oleh ganerasi di jaman nya. Dengan kepercayaan dan respon yang tepat  maka Yusuf bisa menyelamatkan generasi itu dari kelaparan yang sangat hebat

Yusuf dipakai Tuhan agar menyelamatkan generasinya karena paham akan masa depan, mempercayai  apa yang  menjadi pesan Tuhan  melalui mimpi Firaun.

Dia mereponi dengan tepat dan membuat program ketahan pangan serta pengelolaan yang efisien dan efektif. Sehingga generasinya dapat diselamatkan dari wabah kelaparan.

Melalui kisah Yufuf Tuhan mau ingatkan kita dengan situasi  digenerasi ini , situasi pandemi dengan covid 19 adalah peringatan untuk  datangnya masa sukar yang akan dialami digenerasi ini. Yang telah terlihat akibatnya dalam segala aspek kehidupan.

Bisa jadi keadaan ini hanya awal yang berlanjut dengan masalah yang lebih besar. Karena itu respon seperti Yusuf diperlukan. Yaitu dengan membangun ketahanan pangan dengan komoditi yang tepat dan tingkat produktivitas yang tinggi sehingga negeri yang dikenal sebagai pengimpor menjadi pengekspor.

Luas tanah di negeri ini masih sangat luas untuk bisa ditanami  dan kalaupun ditanami tidak produktif dan efisien. Saat ini adalah masa terakhir tuk kelimpahan sebelum datang masa kelaparan yang lebih hebat.

Semoga umat Tuhan bisa mengantisipasi seperti Yusuf . Tuhan memberkati


Dr. Ir. Rachmat Manullang, M.Si.
Lumbung Yusuf Indonesia

Comment

Add a Comment

Generic placeholder image

GERAKAN BERBAGI KASIH HUT RI KE-76 Kapan pandemi ini akan berakhir? Tidak ada yang bisa memprediksi. Namun banyak kesempatan untuk melakukan kebaikan kebaikan yang Tuhan berikan melalui kehidupan kita.…